Wellcome

SELAMAT DATANG DI BLOG SUATU CARA

Minggu, 23 September 2012

Cara Mengisi Aplikasi Pendataan Pendidikan 2012 dengan Cepat

Posting ini telah dilengkapi secara detil di : http://hswoyo.blogspot.com/2012/12/cara-mengisi-aplikasi-pendataan.html  silahkan klik di warna biru itu.
Tahun 2012 ini, Seluruh lembaga pendidikan diharuskan mengadakan pendataan pendidkan melalui aplikasi ataupun langsung di web. Baik lembaga yang bernaung di dinas pendidikan maupun lembaga yang bernaung di kemenag. Baik lembaga formal maupun lembaga non formal. Dari jenjang pendidikan terendah sampai tertinggi. Jenis aplikasi atau websitenya pun berbeda-beda.  sehingga caranyapun juga berbeda. Banyak dijumpai kesulitan-kesulitan. Adapun jenisnya sebagai berikut :
  1. Untuk lembaga yang dibawah naungan Kemenag RI seperti Madin,TPQ,Ponpes, RA, MI,MTs, dan MA langsung menggunakan website di http://emispendis.kemenag.go.id/emis-appss/
cara masuknya : pilih kapasitas anda di kolom 1, pilih privinsi, kabupaten, jenis lembaga, masukan nomor statistik sekolah dan terakhir pasword. Kelebihan pendataan di kemenag begitu kita masukan data / input, data itu langsung masuk ke server (internet). Kelemahannya untuk memasukan tanggal lahir terlalu lama, yaitu dengan menggeser bulan demi bulan sebanyak bulan dan tahun kelahiran dari sekarang. Sekali input dalam 1 jam rata-rata 10-15 peserta didik. 








  1. Lembaga PAUD dan non-formal seperti KB,SPS,TPA,PAUD-TPQ,PKBM, KPA,KPB,KPC di http://app.paudni.kemdikbud.go.id/pendataan/pendataan12/index.php?md=acct&item=login 
Keunggulannya cepat, langsung ke server data tersimpan otomatis, sekali input dalam 1 jam bisa 50 peserta didik. 10 tutor/guru.
  1. Sekolah SD,SMP dan SMA,SMK pendataan dilakukan dengan Aplikasi Pendataan 2012 versi v1.0.12.06 

Nah ini dia aplikasi pendataan pendidikan kemdikbud yang lengkap tetapi prosesnya sangat ribet. Sehingga dari bulan demi bulan mengalami perbaikan-perbaikan versi demi kemudahan dalam pengisiannya. 
Selama proses input data sejak juni  2012  mengalami revisi 3 kali versi. Bukti aplikasi ini terlalu ribet adalah hingga tulisan ini di posting, 23 September 2012 data sekolah yang masuk ke server internet pendataan pendidikan kemdikbud adalah 29 %, artinya baru seper empat lebih dari jumlah sekolah yang terdaftar di seluruh Indonesia. Padahal batas akhir pendataan sampai tanggal 27 September 2012 artinya kurang 4 hari lagi. Pertanyaanya adalah apakah dalam waktu terbut data sekolah bisa masuk 100%.

Sebenarnya kalau kita mengetahui kelemahan dan kesalahan pada input data dan jalur pintasnya mungkin kita bisa mengatasi paling tidak 75% data masuk akhir bulan ini. 
Sebenarnya yang menjadi kendala adalah 
  1. Jenis aplikasi yang tidak langsung ke server, 
  2. Keterkaitan antara sub data dengan bagian sub data lain. 
  3. Proses menyimpannya yang tidak jelas. 
  4. Data mudah hilang setelah meng-input, sehingga menimbulkan kesal/malas untuk meng-input. 
  5. Ada teknik drag yang menggunakan klik ganda dan geser.
  6. Teknik drag yang berkaitan dengan kolom-kolom dengan tampilan antar muka yang kurang dipahami.
  7. dll.
Dari kendala tersebut di atas menyebabkan operator komputer di sekolah belum bisa menyelesaikan in-put data secara cepat dan mengirim ke server. 
Nah kali ini saya akan memberi terobosan biar cepet selesai inputnya dan cepet ke kirim ke server.
  1. Pertama : Pilih jenis aplikasi versi v1.0.12.06 buatan bulan Juni 2012, jangan gunakan versi terakhir, atau versi sebelumnya. Mau tahu sebabnya : kalau versi sebelumnya yang di buat thn 2011 itu masih gampang error, kata Pak Kamto dan Mas Andri staf bagian Arsip Dinas Pendidikan Purbalingga. Lah kalau versi terakhir itu lebih lengkap tapi bila tanggal lahir anak belum dituliskan maka di validasi akan muncul data invalid dan tidak bisa di kirim ke server. Lalu ada peringatan sebagai berikut ,... data a/n .... ada kesalahan .... artinya akan lama untuk menginput karena harus masuk ke rincian data anak satu persatu.
  2. Masuk pada kolom Peserta Didik : isi peserta didik dengan import dari file exel yang telah di mutasi ke CSV MS-DOS  namun sebelumnya kop exel tersebut dibuat dengan export dari data siswa sehingga kolom-kolomnya sesuai dan tinggal memasukan dengan copy dari data siswa di exel. Maka seluruh siswa sudah masuk ke halaman Peserta didik. Namun untuk NISN akan berubah karena angka nol di depan akan hilang. Tapi jangan khawatir buang saja NISN-nya di exel agar data cepat diterima.  Gampangkan !,... 
  3. Berikutnya masuk ke kolom PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) isi selengkapnya, caranya biar mudah suruh guru masing masing mengisinya, karena yang tahu persis data kan mestinya guru itu sendiri, anda selaku operator membukakan formulirnya. Atau import seperti peserta didik. Gampangkan !,...
  4. Isilah data sekolah dahulu secara lengkap, setelah itu masuk pada "tampilan Data Rincian Sekolah"  letaknya di atas tulisan "identitas" bergambar pensil. Klik disitu lalu akan muncul kotak baru berisi lima kolom : kolom prasarana, sarana, rombongan belajar, bloggran dan yayasan. Buka kolom prasarana lalu klik tombol tambah sarana dengan kode R1 untuk kelas 1 dst. lalu R7 untuk kantor sampai semua ruang telah ditulis. Ingat ruang-ruang ini nantinya akan dipakai untuk letak pada sarana-sarana seperti meja, kursi, buku, komputer dll. jadi harus lengkap.LALU SIMPAN DAHULU,... 
  5. Jangan menuju kolom sarana tetapi laptop di online kan dahulu, Hal ini untuk menyimpan prasarana yang anda ketikan nanti Tujuannya agar nama-nama prasarana seperti kelas I s/d Kelas 9 masuk di halaman sarana pada kolom di "LETAKKAN" Kalau dikolom ini sudah muncul prasarana runag kelas 1 s/d lainnya, maka kita bisa menuju halaman prasarana OK,...
  6. Lalu masuk pada kolom sarana klik tombol tambah sarana, pilih jenis sarananya seperti meja, kursi dll. Unutk letaknya jangan menulis/mengetik tetapi memilih, dan prasarana yang dipilih adalah hasil ketikan anda sendiri di halaman prasarana. Kalau belum muncul ruang kelas yang dimaksud maka onlinekan dahulu laptop/komputer anda, kemudian simpan. Tunggu beberapa saat. Tapi bila sudah muncul maka anda tinggal memasukan sarana meja->jumlahnya berapa-> letaknya di kelas I (misalnya sampai kelas VI atau IX) OK, Nah 
  7. Kemudian masuk ke kolom tiga yaitu Rombongan Belajar, Buat rombongan belajar/ kelas yang dimaksud dari kelas 1 s/d 9 isikan guru wali kelasnya. Nah di sini ada kombinasi dari 3 halaman, ang dirasa membingungkan Pertama Halaman Rombongan Belajar yang ke2 Halaman Peserta Didik/PTK (bagian bawah) dan 3 halaman daftar siswa dan PTK Terdaftar di bagian kanan bawah. Teknik drag disini kita gunakan. Caranya : Klik hingga warna biru pada rombongan belajar, lalu lihat bagian kanan, siswa dan guru yang berada di kelas I di blok lalu diseret ke bawah Pada halaman Peserta didik dan PTK terdaftar. begitu juga seterusnya, sampai selesai kelas sekolah anda. Kalau sudah tampilan rincian sekolah kita tutup. (INGAT DI SINI DRAG DAN SERET DIGUNAKAN)
Kembali ke halaman sekolah dan klik simpan,.... data tersimpan di hard-drive komputer anda. Cek validasi di tampilan informasi dan perhatikan peringatannya. Yang berwarna kuning adalah perhatian, yang berwarna merah adalah data salah/ invalid. hitung yang invalid., catat dan benarkan pada ubah rincian. Lalu cek kembali kalau sudah benar maka setelah klik validasi akan muncul tulisan "invalid : 0 record" itu artinya Data sudah bisa dikirim,.. OK ? Kalau masih bingung bisa hubungi admin di 082892800488 (kantor) dan 085226562888.
Untuk lebih lengkapnya ada diposting lanjutan ini di sedisi 18 Desember 2012 atau pada kolom pencarian google tambahi dengan kata "detil" atau klik di sini warna biru ini, http://hswoyo.blogspot.com/2012/12/cara-mengisi-aplikasi-pendataan.html
GAMPANGKAN ....!


By Hadi S 24.09.2012.

Sabtu, 15 September 2012

Cara HOTSPOT Sendiri

Hotspot menjadi keinginan pemakai notebook/laptop atau perangkat lain yang dilengkapi dengan wireless/wifi untuk mengakses internet tanpa pulsa atau rekening bulanan. Nah kali ini saya akan memposting cara membuat hotspot sendiri. Penasaran,...? Teknologi sekarang semakin canggih, apa yang diinginkan akan berusaha tercapai. Maka tidak berlebihan jika saya jelaskan bahwa perangkat Wireles yang ada di perangkat notebook selama ini hanya digunakan anda hanya menerima signal/gelombang dari pesawat/hotspot lain. Padahal logika suatu pesawat dalat menerima pasti dapat memancarkan. Jadi wireles yang kita punya pada notebook/laptop mestinya bisa kita gunakan untuk hotspot dengan memancarkan gelombang tersebut.

Begini caranya, untuk dapat menggunakan wireles memancarkan signal /gelombang hotspot kita pelu dukungan software. Jangan khawatir software tersebut tinggal download aja namanya yang saya tahu/gunakan adalah "Connectify Pro 3.3.23104 Full version" besarnya cuma 6,175 KB aja kok. Cari aja di internet. Kalau sudah ketemu jalankan/instal aja.

Setelah terinstal dalam dick C laptop anda restart dulu laptop/komputer anda agar teradaptasi. Setelah itu nyalakan wireles anda dan jalankan aplikasi connectify 3.3 tersebut. Setting nama hotspot dengan nama anda dan buat paswordnya, tentunya yang sederhana atau sesuai selera anda agar teman anda dalam mengakses hotspot tidak sembarang. Jangan lupa seting hotspot dengan nama modem dan operator yang anda gunakan, misal flexi atau GSM ... atau ceria tergantung yang anda gunakan.
Setelah itu klik star hotspot,.... nah jadilah hotspot. Kemudian dicek hotspotnya dengan mengambil laptop lainnya, atau cari teman anda untuk mengecek apakah ada area hotspot di sekitar anda?,... kalo benar pasti ada dan tinggal klik konek,...

Dengan demikian anda dapat berbagi dengan teman anda saat on-line tanpa harus gantian modem. OK,...?  Lihat gambar di atas, merupakan simbol icon hotspot yang berada di sebelah kanan bawah laptop anda.
GAMPANGKAN !,.... Bila anda penasaran dan masih bingung silahkan tulis di komentar. atau hubungi 085226562888
GAMPANGKAN !,....
By Hadi S 16.09.2012