Sabtu, 07 Januari 2012

Cara Melukis Cepat Bagi Pemula

Cara Melukis Cepat Bagi Pemula.

1. Alat : Untuk alat yang di gunakan kertas manila, pinsil, spidol dan pewarna pastel
2. Tehnik : 
Tentukan tema yang akan kita lukis, buatlah sketsa atau gambar mentah dengan pinsil, jangan gunakan karet penghapus. Usahakan sesuaikan dengan bentuk natural atau alam. Perhatikan bagian perspektifnya; bagian depan, samping kanan/kiri dan bagian belakang. Untuk objek bagian depan otomatis akan menutup objek bagian belakang. Objek depan lebih besar dari bagian belakang meski secara ukuran sama. Kalau sudah tepat dirasa maka tebalkan garis dengan spidol atau pastel hitam.
Setelah penebalan selesai bisa mulai dengan mengaris atau memberi warna pada bidang gambar. Pewarnaan usahakan jangan monoton, artinya satu bidang satu warna, tetapi satu bidang tentu ada bagian gelap/tidak kena cahaya atau pencahayaan kurang, maka buatlah agak gelap dibanding bagian yang mendapat sinar lebih. Lihat contoh gambar di atas ini. Ratakan dengan jari hingga rapat betul warnanya. Terakhir kunci warna dengan cat netral.
Gampangkan !
Lukisan Kebudayaan Pada Lomba Kreatifitas Seni Di SDN Pepedan Kec. Karangmoncol Kab. Purbalingga.

5 komentar:

  1. pak kenapa saya tidakbisa membuat sketsa dengan rapi ?

    BalasHapus
  2. Namanya saja sketsa, ... ya mestinya gak rapi. Merapikan gambarnya kalau sudah selesai.
    Cara membuat sketsa jangan berulang ditempat yang sama, tapi terus nyambung sampai jadi. Kalao kurang baik, memperbaikinya saat penebalan.
    OK,.. Coba lagi dong,...

    BalasHapus