Jumat, 13 Januari 2012

PANDANGAN NATIVISME, NATURALISME, ENVIRONTALISME DAN KONVERGEN

1. PANDANGAN NATIVISME Adalah Pandangan atau aliran Pendapat Hubungan Manusia dengan Pendidikan dikemukakan oleh Arthur Schopenhauer dari Jerman pada tahuin 1788-1880 
Pandangan Nativisme Berpendapat : Perkembangan individu semata-mata ditentukan oleh faktor yang dibawa sejak lahir. Maksud dari pandangan ini adalah anak semenjak lahir sudah membawa pembawaan sendiri yang berupa sifat baik ataupun jelek dari orang tuanya. Sehingga hasil pendidikan ditentukan oleh anak itu sendiri. Pandangan ini menolak pengaruh lingkuingan dalam pendidikan yang dapat memepengaruhi hasil pendidikan
2. PANDANGAN NATURALISME adalah Pandangan manusia hubungannya dengan pendidikan yang dikemukakan oleh JJ Rousseau dari Prancis tahun 1712-1778.
Berpendapat bahwa Semua anak lahir dengan pembawaan yang baik dan tak ada seorangpiun dengan pembawaan jelek. Pandangan ini menganggap bahwa pembawaan baik bisa rusak karena pengaruh lingkiungan. Jadi pandangan ini kurang memandang penting arti pendidikan bagi perkembangan anak.
3. Pandangan Environtalisme;  dikemukakan oleh John Locke dari Inggris tahun 1632-1704.
Ia berpendapat Perkembangan anak sangat tergantung pada lingkungannya. Anak ibarat kertas putih yang bisa ditulis dengan berbagai warna. Oleh sebab itu hasil pendidikan dianggap sebagai campur tangan lingkungan terhadapnya.
4. Pandangan Konvergensi dikemukakan oleh William Stern dari Jerman tahun 1871-1939.
Beliau berpendapat dalam proses perkembangan anak Factor bawaan ataupun Faktor lingkungan memberikan kontribusi yang sepadan. Meski demikian pandangan ini tidak memisahkan secara kotak-kotak antara faktor keduannya. Faktor bawaan dapat berkembang optimal bila lingkungan kondusif dan mendukung. Sedangkan lingkungan yang baik tidak akan berpengaruh bila seorang anak tidak memiliki bawaan yang sesuai.
Demikian paham-paham hubungan manusia dengan pendidikan.
GAMPANGKAN ? 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar