Minggu, 15 Juli 2012

Cara Membuat Nomor Urut di office exell

Membuat nomor pada suatu tabel adalah sangat penting, maka nomor nomor urut selalu menempati kolom pertama. Pembuatan nomor secara manual adalah cara yang masih banyak dilakukan oleh para pemakai/pengguna exell, apalagi pemula atau lagi pemakai sudah tua yang nota bene harus mempelajari komputer terutama office exell karena situasi sekarang yang memaksa harus bisa komputer apabila hendak mengikuti SERTIFIKASI.
Pembuatan nomor secara manual ini kadang terjadi kesalahan, yaitu bisa lompat dari 5 ke 7 atau lainnya. Sedangkan tehnik pembuatan nomor otomatis ini tidak ada kesalahan. Saya Hadi S pun sudah lama menggunakan tehnik ini pada sekolah di SDN 1 Sirau maupun di MTs Ma'arif NU 16 Sirau juga telah diajarkan pada acara diklat-diklat ICT yang telah saya laksanakan di Sirau Kec Karangmoncol Kab Purbalingga. 
Nah melalui ini saya mau memaparkan cara membuatnya secara otomatis. Mau tahu cepet-cepet nih? Sabar dulu, tersenyum dulu dong karena apa yang anda cari di sini sudah ada/ketemu.
Baiklah kita mulai
  1. Pertama buat kepala tabel di exell, isi kolom pertama dengan nomor, dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan membuat tabel anda.
  2. Ketik angka 1 pada cell bawah nomor, bawahnya 1 ketik 2,... SUDAH?
  3. Kemudian kursor letakkan di kolom yang berisi angka 1 dan di blok dengan kolom yang berisi 2 (sehingga kolom/cell angka 1 dan 2 berwarna biru)
  4. Geser kursor ke pojok kanan bawah di garis siku-sikunya hingga gambar kursor berubah dari bentuk PLUS besar menjadi PLUS kecil. Awas gambar ini ada dua 1 yang pake tanda panah, 2 yang tidak pake tanda panah. Pastikan gambarnya tidak pake tanda panah alis plus biasa seperti ini +
  5. Lalu tekan mouse KLIK KIRI sambil di tarik Ke BAWAH sesuai jumlah nomor yang anda kehendaki. Jadilah sudah nomor urut selesai.
  6. Gampangkan ! yah memang GAMPANG.
  7. Bila anda  mau membuat nomor di kolom tanda tangan usahakan  nomor 1 dan 2 tidak segaris lurus tapi zig-zag (kaya silat aja)
  8. Laaaah,.. untuk membuat nomor zig-zag secara berurutan gampang lagi : angka 1 rata kiri, angka 2 rata tengah. lalu blok cell yang ada angka 1 dan 2 lalu drak ke bawah seperti langkah 2-5  Oke sementara sudah dahulu, Berikutnya akan di posting tehnik lain. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapa saja yang membaca dan Jangan Lupa tinggalkan kesan, pesan untuk perbaikan posting saya ini.Salam Berkreatifitas dari saya HADI SISWOYO,S.Pd,SD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar