Wellcome

SELAMAT DATANG DI BLOG SUATU CARA

Jumat, 05 Oktober 2012

Cara Memperbaiki In-Put Data yang Salah Pada Aplikasi Pendataan

Bagi teman-teman guru dan operator komputer sekolah yang masih mengalami kesulitan kirim data ke server Pendataan Pendidikan 2012, Saya akan mencoba menjelaskan langkah demi langkah mengatasi data error. Jangan putus asa, teruskan adakan koreksi dan pembetulan data anak, guru dan tenaga kependidikan satu persatu.
1.   Setelah data selesai semua di-input lalu keluar, dan masuk ke "informasi", lalu segera simpan lokal. 
2.   Cek validasi bagian kanan atas, lihat hasilnya pada tampilan. Perhatikan kotak 'Validasi Data" di bawah tulisan itu ada kata daftar kasus. Di situ ada tanda perhatian yang berwarna kuning berbentuk segi tiga, abaikan saja itu. Yang perlu perhatikan adalah tanda bulat merah yang artinya data tidak valid (invalid) jadi data itu tidak bias dikirim ke server pendataan.
3.   Cara membetulkannya : Catat data yang salah, bagian mana yang salah lalu tujulah data yang salah itu untuk dibetulkan.
Contoh : di data invalid tertulis “Untuk PTK a/n M Hasan : jumlah NUPTK tidak sesuai. NUPTK harus sejumlah 16 dikit.
Nah maka untuk membetulkannya sebagai berikut :
a.       Keluar dari daftar kasus dengan mengklik “OK” lalu menuju “PTK” pada menu utama.
b.      Cari nama guru M Hasan, klik pada baris nama M Hasan tersebut. Lalu klik bagian ‘Ubah Rincian” maka akan tampil formulir data guru.
c.       Naaah, lengkapi data NUPTK di kolom NUPTK,… Gampangkan?....
Contoh lain : di data invalid tertulis “nama siswa Rudianto: data nama tertulis dua kali” atau nama : Rudianto memiliki data rangkap,..” Ini artinya ada nama anak yang bernama sama dan memang ada 2 anak yang namanya persis sama bahkan bisa kembar nama 3,4 pasang.
Nah ini juga gampang.
a.       Keluar dari daftar kasus dengan mengklik “OK” lalu menuju “Peserta Didik”
b.      Cari nama yang kembar nama pada baris anak yang bernama Rudianto.
c.       Klik untuk nama Rudianto yang lebih tua kita beri tanda tambahan pada nama contoh “Rudianto A” satunya di beri Rudianto B, begitu semuanya bagi anak yang nama sama. Gampangkan,….
Begitu seterusnya data yang dikatakan in-valid oleh aplikasi dibetulkan satu persatu. Kemudian cek lagi di validasi pada menu utama, dan lihat lagi hasilnya,…. Sudah berkurangkan yang In-valid,….?
Lakukan terus hingga tidak ada data Invalid. 
Maka data siap dikirim dengan mengklik tombol “kirim data”

 4. Lalu  bila data invalid-nya "Rombonan Belajar belum Terisi" ya segera di isi,.... mulai dari Menu Rincian Data di Submenu Sekolah. Pada bagian atas kiri berlogo pinsil. Isi mulai dari Ruang Kelas I,II,III,IV,V, VI dan seterusnya, sampai ruang kantor, ruang guru, musholla, gudang, kantin dll. Tentunya yang dimiliki sekolah anda. 
Isikan prasarana dari mulai meja, kursi, sampai alat-alat, letakkan pada ruang yang anda buat tadi. Rombongan belajar sebelah prasarana juga di isi.

GAMPANGKAN,… Masih bingung?,…. Hubungi aja di 085226562888 (HP) atau 082892800488 (Kantor) 

OK?,… ya selamat bekerja Sukses selalu
      By Hadi S 06-10-2012

9 komentar:

  1. Terimakasih penjelasannya.saya ada masalah pada NUPTK dan Sertifikat Sertipikasi,yaitu pada NUPTK nama saya ada kesalahan,disana tertulis ASAPAN EFENDI Seharusnya ASPAN EFFENDI dan pada Sertipikat Juga tertulis ASPAN EFENDI seharusnya ASPANEFFENDI,penulisannya ketinggalan satu huruf F seharusnya Doble F sehingga data saya tidak linier,bagaimana cara mengatasinya dan membetulkannya? tolong pencerahan,terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk guru yang sudah bersertifikasi silahkan log in di http://sergur.kemdiknas.go.id/ap2sg/ lalu betulkan data namanya. Tentunya anda sudah diberi paswordnya dari aplikasi tersebut.

      Hapus
  2. Jika nama sudah dibetulkan kok masih keluar salah terus gimana membetulkan
    4944748653200002 itu no. NUPTKnya namanya tertulis Kartiko Ari Triyono yang benar Triyono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak kok sudah benar namanya: TRIYONO,S.KOM. Datanya juga sudah diverifikasi. Nanti tempat UK anda di SMK Kriya Sahid No Peserta :66031152552262. SELAMAT yah semoga berhasil.

      Hapus
  3. pak saya mau tanya no NUPTK ayah saya 7136739641200003 atas nama WARTOYO, akan tetapi ada kesalahan tertulis WAROYO. Bagaimana cara merubahnya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayah anda harus mengisi "Blangko" perbaikan data NUPTK lalu di isi yang benar kemudian ditanda tangani Bpk Kepala Sekolah dan kirim sendiri ke Bagian Operator NUPTK Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus(tempat ayah anda). Sampaikan permasalahannnya dan tunggui sampai diproses benar.

      Hapus
    2. Demikian juga untuk P Triyono.

      Hapus
  4. Pak, apa yang saya harus lakukan karena nama saya salah huruf pada nuptk. nama saya yg benar marurat tp tertulis manurat. saya sudah melapor ke dinas setempat, mengisi lembar validasi tp tetap juga tidak berubah.kemana saya harus melapor?.mohon sarannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah melakukan usaha pembetulan ke Dinas Kabupaten berarti tinggal MENUNGGU saja. Kadang tidak secepat apa yg kita harapkan. Server NUPTK pusat butuh waktu belum lagi kalau ada gangguan. Jadi bersabar yah pak. Yang penting di data verifikasi sertifikasi tidak salah.

      Hapus