Senin, 26 November 2012

Cara Buat Label CD/DVD

Di era sekarang ini permintaan data dalam bentuk CD/DVD, yang sebelumnya hanya seonggok kertas/ berkas. Istilah lain jenis kiriman data dalam bentuk file dinamakan sofecopy dalam CD. Dengan berbagai alasan diantaranya takut terinveksi virus, sehingga dengan mudahnya meminta data dalam bentuk CD/DVD. Padahal kalau dipikir-pikir, kapasitas CD 700 MB dan DVD 4,7GB itu sangat tidak relevan dengan jumlah data yang dimasukan ke CD rata-rata kurang 1 MB. Hal ini sangat disayangkan sisa dari CD/DVD tersebut. Namun biarlah waktu yang membenahi semua ini,.... cia ilah kaya Zamrud.

Nah setelah data sudah diburning / dibakar di CD maka langkah selanjutnya di beri label yang baik tentunya. Jangan asal di tulis aja,... kurang kerennn....

Baiklah kali ini akan dipostingkan cara membuat cover CD, aplikasi yang digunakan bisa sofeware print (print HP) juga dari aplikasi foto/gambar seperti ACDsee, Corel, photo shop, juga Nero. Untuk kali ini kita pake Nero dulu OK?...
  1. Mari kita buka Nero... 
  2. Pilih label terus ke CD/DVD standard.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan lembar kerja untuk membuat label CD dengan bentuk lingkaran.
  4. Silahkan di isi dengan tulisan, atau gambar. Gunakan toolbar di atas dan disampingnya dengan mengklik objek-> insert teks untuk membubuhi tulisan melengkung sejajar tepi CD atau --> insert image untuk memberikan gambar pada CD anda. Tapi ingat tulisan akan tertutup gambar, jadi dicopy lalu pastekan baru tulisan ada di atas gambar.
  5. Lanjutkan label bungkusnya yang berbentuk segi empat. selesaikan juga gambar dan tulisannya. kalau bisa desainnya sama dengan label CDnya.
  6. Ketiganya juga label bungkus tapi yang ada sisi sampingnya sehingga ukurannya lebih lebar 1 cm. yang ini juga selesaikan.
  7. Sekarang siapkan kertas CDnya yang terbuat dari stiker sudah ada lubangnya (bisa dibeli di toko2 buku/komputer).
  8. Terakhir print...
Gampangkan !
By Hadi S

8 komentar:

  1. Terimakasih gan, akhirnya video-video dokumentasi Suara Garut akhirnya mempunyai cover CD sehingga terlihat cantik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Angga, sama-sama. Disamping cantik, juga mudah bila mencarinya...

      Hapus
  2. artikel nya bagus...
    sangat membantu....thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu memang asli buatan saya berdasarkan pengalaman. Saya bahagia bisa membantu sesama....

      Hapus
  3. makash mas postingnya sangan ngebantu

    BalasHapus
  4. bisa belajar langsung ga ya hehehe

    BalasHapus