Senin, 31 Desember 2012

Cara Membuat Ketupat Janur Raksasa atau Terbesar

Tradisi membuat ketupat dari daun kelapa muda atau Janur masih terbiasa pada saat momen lebaran, upacara adat, rencana bepergian tamasya, ziaroh,  dll masih lestari di tanah jawa. 

Namun membuat bungkus ketupat dari daun Janur bagi yang belum bisa akan terasa sangat sulit, dan susah dipelajari secara autodidak. Sebenarnya mudah dalam membuat bungkus ketupat. Kita membutuhkan keseriusan dan kesabaran dalam berlatih.

Nah melalui posting ini saya mau berbagi, cara membuat kerangka/bungkus ketupat janur. Tapi tidak menutup kemungkinan membuat bungkus ketupat dengan bahan lain, yang penting berupa pita memanjang. Tentang seberapa panjangnya tergantung daripada besar ketupat yang akan kita kehendaki, karena sifatnya tidak terbatas. Itu bila kita mau membuat kerangka ketupat yang besar, besar dan BESAR,...

Mari kita mulai, dan perhatikan penjelasan di bawah ini :

Ada 2 cara / teknik membuat ketupat janur yang keduanya berbeda mulainya, cara itu antara lain  :
  1. Teknik Gulung.
  2. Teknik Ikatan.
Teknik pertama sifatnya statis artinya jadinya tetap, sesuai besar telapak tangan. Kemudian kemungkinan prospek untuk pembuatan lebih besar terasa sulit. Karena ukurannya panjang telapak tangan untuk menggulung lilitan pakan ketupat. 
Sedangkan tehnik kedua bersifat dinamis artiya bisa dibesar-kecilkan sesuai kemauan kita. Nah dari sisi ini kita bisa membuat Ketupat raksasa, bahkan bisa membuat rekor ketupat paling besar. 
Begini tehnik awalnya dari tehnik IKATAN :
  1. Siapkan beberapa janur dan buang lidinya.
  2. Ambil satu helai janur, letakkan bagian yang mengkilap di belakang. Buat  lengkungan satukan bilah ketupat hingga terbuat lubang, seperti gambar 1 berikut.
  3. Ambil satu lagi bilah janur, masukan ke lubang dengan pangkal bagian depan agak panjang. Lalu lipat lingkar sebaliknya seperti gambar 2
  4. Perhatikan dua bilah panjang tengah yang digunakan untuk ikatan. Bilah inilah yang memainkan penyelesaian pembuatan ketupat. Umumnya 2 ikatan dalam pembuatan satu ketupat janur wajar. Tapi kita dapat membuatnya hingga 3, 4, 5, 10 atau 100  dan tidak terhingga. Tergantung rencana besarnya ketupat yang akan kita buat.
GAMPANGKAN ?....
Boleh hubungi 085226562888 atau 082892800488
By Hadi S

2 komentar:

  1. wah saya baru tau cara membuat ketupat ada teknik gulung sama teknik lipatan.. seruuu nih!! makasih yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Iman, Memang benar adanya. Tunggu revisi posting ini, akan dilengkapi gambar tahap demi tahap cara pembuatnnya.

      Hapus