Minggu, 14 April 2013

Cara Memperbaiki Kesalahan Data PTK/Guru Pada Aplikasi Pendataan Pendidikan

Ternyata banyaknya kesalahan pada Input Data Aplikasi Pendataan Pendidikan adalah PTK atau Guru. Awalnya diberlakukan pendataan lewat aplikasi agar secepatnya data terinput di bulan September 2012, hal ini dikandung maksud data cepat terkirim ke server selanjutnya menjadi Data Base Dapodik. Namun karena sumber data yang digunakan operator sekolah terbatas yang disebabkan berbagai macam faktor sehingga setelah dilihat datanya di server dapodik dan server cek verifikasi syarat sertifikasi banyak yang salah. Saat dilihat pada server dapodik bermasalah jarang yang mempermasalahkan, tapi saat dilihat di server Cek Verifikasi untuk syarat sertifikasi semua PTK/Guru yang datanya tidak valid mempermalahkan dan berusaha membetulkan data. 
Mereka berbondong-bondong mendatangi operator Dinas Pendidikan Kabupaten untuk meminta datanya dibetulkan. Namun operator Dinas Pendidikan Kabupaten tersebut tidak bisa membetulkan data yang sudah terlanjur salah di server dapodik. Mereka disarankan menemui operator sekolah yaitu teman kerjanya. Nah disinilah betapa pentingnya posisi operator sekolah. Kevalidan data bisa dibetulkan olehnya.
Dari uraian di atas maka untuk membetulkan data dapat diakses lewat sekolah secara periodik/berkelanjutan, sehingga sekolah sekarang mau tidak mau harus memiliki jaringan internet

Nah Cara Memperbaiki Data PTK/Guru Pada Aplikasi Pendataan Pendidikan kunci utamanya pada PTK/Guru tersebut. Guru yang dimaksud harus menyediakan data yang lengkap, dari identitas diri, alamat e-mail, SPTMT/Nota Tugas, SK CPNS, SK PNS, SK Kenaikan Pangkat, SK Pembagian Tugas, SKGB perdua tahun, Sertifikat diklat, Sertifikat Seminar, Piagam Penghragaan dan Data lain yang diperlukan. Lalu menyerahkan salinannya ke operator sekolah untuk di isikan pada form Aplikasi serta bagian Rinci pada halaman PTK.
Bila anda khawatir terjadi kesalahan lagi isilah data sendiri, mintalah dibukakan Halaman Rincian Data PTK anda ke operator sekolah anda, mungkin ini lebih memuaskan anda. OK?
GAMPANGKAN....?
Ya Selamat Bekerja......... by Hadi S
14 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar