Sabtu, 05 November 2011

Aplikasi BOS KITA untuk SPJ

Untuk sekolah-sekolah khususnya sekolah dasar/ MI dan SMP/ MTs, pada awal tahun 2011 kita dianjurkan menggunakan Aplikasi BOS KITA dalam perencanaan dan pelaporan keuangan. Namun aplikasi itu terlalu rumit, terutama bagi sekolah dasar, karena di SD tidak ada ahli keuangan/ akuntan atau tenaga khusus yang mengerjakan bidang tersebut. Karena di SD/MI hanya ada Kepala Sekolah, guru dan penjaga, artinya tugas mereka sudah jelas. sedangkan untuk keuangan BOS di serahkan pada bendahara yang tidak lain seorang guru yang mempunyai tugas pokok yaitu mengajar. Sedangkan tugas keuangan disebutkan membantu tugas kepala sekolah, yang maksudnya tugas tersebut bagi guru adalah tugas sampingan / bukan pokok. sehingga pengerjaannya pun dilakukan setelah tugas pokok telah dilaksanakan.

Dengan aplikasi BOS KITA seorang guru yang dibebani sebagai bendahara mengalami kesulitan, sehingga laporannya banyak yang terlambat. Nah, lewat tulisan ini penulis bermaksud membantu agar cepat membuat SPJ dengan membuat kwitansi yang mailingkan/linkkan dengan exel pada aplikasi BOS KITA.

Pertama input data transaksi, biasa sampai selesai. lalu beberada file dicetak. diantara file itu ada BOS K3 yaitu Buku Kas Umum (BKU). Cetak BKU tersebut sekaligus 3 bulan. Kita kan tahu kop BKU tsb. sudah lengkap tinggal memberi Nomor di ruas paling kiri, lalu beri kolom terbilang, pajak dan penerima pada kolom sebelah kanan berurutan. Isi semua kolom itu sesuai dengan urauan. Jika sudah selesai kepala kolom dirampingkan dengan satu baris (hapus baris)hingga tinggal satu baris pada kop tabel exel tsb. Kemudian tahukan... blok tabel tersebut dan klik bagian print area lalu save as.... beri nama yang mudah untuk mencari file tersebut, misal "isi kwitansi", 'data kwitansi' atau terserah anda. Jangan lupa tutup file tersebut.

Buat......




Tidak ada komentar:

Posting Komentar