Wednesday, 23 November 2011

PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR


PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH


I.        PENDAHULUAN
Kelas merupakan salah satu tempat bertemunya guru dan murid dalam proses pendidikan berlangsung. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakangnya dan sifat-sifat individualnya, kurikulum dengan segala komponennya, materi serta sumber bahan dengan segala indicator yang harus dikuasai. Dengan melihat nilai pentingnya kedudukan kelas dalam pembelajaran maka sudah selayaknya kelas dikelola dengan baik dan professional serta berkesinambungan. Hal itu perlu diupayakan agar menyenangkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat optimal dan tujuan pembelajaranpun tercapai.

A.      Pengertian
Pengelolaan kelas adalah usaha guru dalam menata kelas untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan dan sesuai standar kompetensi yang diharapkan. Pengelolaan kelas dapat juga diartikan usaha untukmengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Usaha tersebut diantaranya  emnyiapkan bahan ajar, sarana, alat peraga, media pembelajaran, pengaturan ruang belajar, mengkondisikan  proses belajar mengajar dan pengaturan waktu. Dalam Pengelolaan kelas kemampuan dan ketrampilan harus dimiliki oleh guru. Guru harus mengetahui specifikasi kelasnya, baik yang menyangkut siswa maupun lingkungan fisiknya.

B.      TUJUAN
1.       Mewujudkan situasi dan kondisi kelas baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
2.       Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar.
3.       Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan social, emosional dan intelektual siswa dalam kelas.

II.      UNSUR PENGELOLAAN KELAS
A.      Guru
Guru sebagai penanggung jawab PBM di kelas, merupakan sentral sumber proses belajar mengajar mempunyai beberapa peran penting yaitu :
1.       Sebagai Pengajar (Intsruktur)
Sebagai pengajar yang perlu dilakukan adalah :
a.       Menyusun program tahunan, semester, RPP dan jurnal pembelajaran
b.      Melaksanakan pembelajaran
c.       Menyiapkan alat peraga dan media pembelajaran
d.      Menyiapkan alat evaluasi belajar
e.      Membuat dan melaksanakan program perbaikan-pengayaan,
f.        Mengatur ruang kelas
g.       Mengatur tempat duduk siswa
2. ..... ( bersambung)

No comments:

Post a Comment