Wellcome

SELAMAT DATANG DI BLOG SUATU CARA

Rabu, 28 Desember 2011

CARA SETTING PARABOLA PRAKTIS

CARA PASANG PARABOLA PRAKTIS

Banyak teman2 kita kesulitan memasang parabola sendiri, bahkan dilingkungan saya sendiri nggak ada yang bisa masang parabola, kecuali.... Mereka memanggil tukang pasang parabola, dari kota dengan ongkos 150.000,- sd 250.000,-. Sayangkan! Tidak sedikit juga daerah lain yang juga bingung memasang parabola 2 LNB atau 3 LNB.

Padahal kalau kita berusaha tidak begitu sulit. Bahkan gampang,.... Nggak percaya ? Mari kita pelajari memasang parabola. Namun sedikit himbauan agar anda bersabar sedikit. Kita jangan keburu-buru mau nonoton TVnya. Yu kita mulai,.....

Baca secara teliti petunjuk pemasangan yang terdapat pada brosus pembelian parabola anda. Ikuti petunjuk pemasangan langkah demi langkah.














Perhatikan hal-hal berikut :
  1. Pastikah anda tahu dengan benar arah barat dan utara sesuai kompas, kalau tidak ada kompas arahkan saja sesuai keyakinan anda. Tapi usahakan bisa digeser agar arah barat-timurnya bisa mencapai arah yang tepat. 
  2. Pasangkan LNBF/LNB pada titik pusat para bola dengan pangkal / gagang pipa besi yang lengkung sebelah barat, bagian bawah minimalkan, sehingga baut menempel pada kaki LNB. Bautnya menekan imbang ketiganya. Jangan lupa Konektor/penghubung LNB sebelah atas, jangan terbalik. 
  3. Sambungkan kabel ke TV dari dalam pipa penyangga LNB, Jangan dari samping parabola, mengganggu keindahan. Lalu arahkan kemiringan ke garis kaatulistiwa 0° LS yaitu miring ke utara kurang lebih 6° posisi kemiringan ini harus benar dan tepat, kalau tidak siaran TV tidak bisa ditangkap.
  4.  Arah barat-timurnya sesuai stasiun TV yang mau ditangkap, hanya sedikit menggeser... (biasanya kalau miring ke barat akan menangkap siaran TV negara2 eropa. jadi intinya asal kena dahulu siaran TVnya, nanti kalau kita mau milih TV Indonesia tinggal miringkn ke timur sedikit.
  5. Kalau sudah tepasang tinggal menjalankan programnya. Caranya pilih salah satu satelite, misal Telecom atau palapa2 lalu cari program dengan pilihan bebas atau semua untuk menampilkan stasiun TV yang dapat ditangkap. Tunggu beberapa saat hingga pencarian 100%. Lihat hasilnya. Kalau gagal jangan putus asa dahulu.... lihat langkah ke 6 berikutnya ini.
  6. Pilih jenis satelit lain seperti Chinasat, Apstar, Agila,  cari lagi secara otomatis. Kalau belum maksimal naik lagi ke atap kemiringan stel sedikit lagi, cari lagi programnya. Kalau sudah ketemu kunci posisi parabola.
  7. Jika parabola anda 3 LNB maka perlu ada program group/pengelompokan. Karena masing2 satelit berbeda stasiun yang ditangkapnya. Misal ANTV dan TranTV gak bisa ditangkap di satelit telecom tapi bisanya di satelit Asiasat, maka ini perlu pengelompokan sehingga bisa masuk dalam satu daftar. OK...?
  8. Bila belum berhasil ulangi langkah dari awal, tapi kalau sudah selesai baut parabola setelan arah dikencangkan. Tutup bagian atas (konektornya) dengan botol air mineral besar atau ember. Kalau punya saya nggak ditutup, cukup di ikat pake karet ban dalam sepeda tapi sebelum diikat lapisi dengan sobekan plastik kresek sebagai solatifnya, praktis, rajin, indah dan yang paling penting anti masuk air. tapi kalau ditutup pake ember,.... kesannya jelek, kurang indah, gak ilmiah, iya kan...?
  9. Setelah terpasang cobalah nyalakan,… pilih salah satu stasiun TV yang ada, lihat info. Daya tangkap berkisar 20-70.

GAMPANGKAN ?
Selamat mencoba, bila mengalami kesulitan sms saja di nomor ini “ 085226562888” Okey kami bantu sampai bisa. Untuk bisa mengetahui arah dengan alat bantuan kompas. Untuk mengetahui letak astronomi rumah anda bisa dilihat di google art. seperti gambar di atas. Lumayan untuk income tambahan bila anda bisa pasang parabola..... Siapa Cepat dia dapat....! 
Ini (edisi revisi) khusus untuk yang SMS ke 085226562888 tgl 1 Jan 2012, yang sedang memindah parabola.
KETERANGAN GAMBAR PENTING :
  1. Anak panah 1 dan 2 adalah konektor (penghubung LNB dan Ke TV)
  2. Anak panah 3  = lubang pipa tempat lewat kabel coaksial.
  3. Anak panah 4 dan 5 baut yang menekan LNBF dan LNB
  4. Anak panah 6 baut untuk menyetel kemirigan ke arah Utara-Selatan.
  5. Anak panah 7 Baut penyetel kemiringan arah ke Barat atau ke Timur.
  6. Anak panah 8 ada 2 baut penyetel memutar parabola ke kanan atau ke kiri.
  7. Kemiringan parabola berkisar antara 1-5 derajat.
By Hadi S

27 komentar:

  1. Pertanyaan Dari Kasturi Kaimantan Timur melalui SMS :
    Mat Malam. mass saya mau nanya. Kalau cari satelit "yamal" gimana caranya? Beberapa kali q coba memutar-mutar parabola ko gak ketemu. Cara x gimana yah, mohon bantuan x. trima kasih. dari kasturi.kaltim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban dr Admin Blog : Bila ingin ada astelit lain dalam parabola anda caranya tidak DICARI,.... Tapi tambah satelit. Ambil remot receiver parabola, tekan menu lalu cari dan tekan kata-kata "tambah satelit" kemudian ketik satelit yang anda maksud "YAMAL" lalu tekan OK. Sudah jadi ada satelit yamal dlm parabola anda. Tinggal menyesuaikan transpondernya. GAMPANGKAN....?

      Hapus
  2. Pertanyaan dari Nidzam Bandung melalui SMS (08562466xxxx) :
    Pak, kalau parabola indovision pake LNB yang parabola gd bisa gak? terus pake receiver bukan dekoder? Trims

    BalasHapus
  3. Jawaban Admin : Bisa, parabola hanya sifatnya mengumpulkan atau memfocuskan gelombang yang diterima. yang penting LNB dan reveivernya sesuai.

    BalasHapus
  4. Pertanyaan dari Mas Adi dari Sumenep : Chanel di RCTI gak ada sinyal. Solusinya gmn mas? trims.adi di sumenep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban Saya atas SMS pertanyaan adi 085258833xxx di sumenep : Cari RCTI lewat satelit lain. Nah di satelit ASIASAT_3S bisa ditangkap.

      Hapus
  5. Dari 085247778xxx
    Slamat siang.,
    mau nanya nih bang. Koq parabola saya,cuman dapat"LBSTv saja yah? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putar arah kanan kirinya, geser arah timur-baratnya. kalo masih belum kenar, coba cari lewat satelit lain, misalnya palapa, apstar, agila, asiasat dll

      Hapus
  6. Dari 085325809xxx :
    Met malam Mas hadi, saya mau tanya,saya br pngalman pasng parabola, semua sdah terpasang tp pas saya nyalain dilyar tlvsi no signal..mhn solusinya boss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh,..... Arahnya belum tepat.... Jadi tepatkan dahulu. Caranya tentukan arah baratnya, lalu miringkan parabola ke 0 derajat (grs katulistiwa) klo di jawa miring 6 derajat. Lalu miringkan ke timur dikit.... Coba scan lagi lewat beberapa satelit OK?

      Hapus
  7. Dari Tuban 08993943xxx :
    selamat siang pak hadi s, mhn maaf mengganggu sebentar, mau nanya info parabola, utk kedalaman lnb 36-40, utk lnb 1234 posisi tegak lurus atau posisi miring pusat tengah, yang benar. mator suwon makasih. tuban

    BalasHapus
  8. Dari Yono Dopplg 085385045xxx :
    Mas gmn cra ngepske PALAPA D dgn TELCOMSEL, kalo salah satu dapat sinyal yang satunya ilang. Dari yono doplg

    BalasHapus
    Balasan
    1. nda usah di paskan,ambil salah satu palapa 2 atau telecom, lalu cari satelit lain untuk mencari tv yang dipancarkan dari salah satu satelit yang tidak digunakan tadi. saran saya cari pake satelit agila.

      Hapus
  9. Dari steven 085248705xxx :
    Slmt pagi pak. saya steven, saya mengalmi kesulitan dalam menyetel parabola sendiri. jenis parabola saya yang jaring dn memakai LNB C Band. tetapi koq, siaran yang dapat cuma siaran TranTv dn Edukasi yea. padahal kalo ditmpat orang Indosiar dapat dan TranTvnya dapat mohon solusinya penyelesaian masalahnya dmna pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban : berarti saklar dyscheq dalam posisi ON, coba matikan dulu saklar itu. lalu ulangi lagi scan tv nya. OK
      bila masih belum bisa, cari lewat satelit lain.

      Hapus
  10. Salam kenal Pak Hadi, Sambil numpang tanya, saya punya parabola jadul 9feet kondisi lingkaran disk-masih baik,penyangga lnbnya kaki tiga,tapi beberapa bagian jaringnya sudah robek dan saya jahit pakai kawat halus rencananya mau saya ganti dengan lnb dan reciever baru.pertanyaan saya : 1.Apa dengan menjahit jaring-disk cukup mengganggu penerimaan sinyal ? ( saya tidak yakin ada yang menjual jaring disk ) 2.Apakah kaki tiga lnb lama masih bisa untuk menentukan titik fokus ? ( karena menggeser2-nya sangat sulit ), terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban utk pertanyaan
      1. Sepanjang hasil jahitan sesuai garis lengkung parabola tidak masalah. Jaring disk sifatnya mengumpulkan gelombang yang selanjutnya dipantulkan ke LNB. Sebenarnya jaring disk bisa buat sendiri pakai jaring alumunium.
      2. kaki tiga bisa diganti dgn pipa tunggal berbentuk seperti pada gambar di atas. Untuk memasangkannya bisa ke tempat las. OK...

      Hapus
  11. Salam Kenal pak hadi, saya mau tanya waktu saya pindah satelit dari satelit palapa ke satelit telkom tidak bs secara otomatis padahal biasanya tdk sprti itu smisal sblmnya saya nonton sctv trus pindah ke antv psti parabolanya tdk mau bergerak.bergeraknya hrs manual dgn remote khusus untuk menggeser parabola, mohon solusinya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika nonton TV, saya kira bukan mindah satelit tapi hanya pindah stasiun TV, Dari TV global ke TV Indosiar misalnya. Jadi yang memindah tergantung stasiun yg di tangkap lewat satelit dan ini sifatnya otomatis. Bila tidak otomatis artinya anda hanya bisa nonoton siaran satelit "telecom" tidak bisa menonton siaran satelit "agila" Berarti program penggabungan telah lepas karena salah pencet, bila parabola 3 LNB. Tapi kalau 2 LNB lain lagi.

      Hapus
  12. Akhirnya dapat jg cara setting praktis parabola, tinggal di praktekkan,
    di tempat saya Purwokerto sinyal SCTV & Global lemah, mungkin karena depan rumah saya banyak pohon bambunya kali, Maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, SCTV dan Global dicari lewat satelit lain, pasti kena. Lalu di cek satelit-satelit lain. Kemudian pilih siaran TV yang kuat, yang lemah hapus saja..... By Hadi S

      Hapus
  13. saya benar-benar kesulitan bang, udah beberapa kali salurannya pada hilang, sekarang yang tersisa cuma LBS doang, katanya da yang harus di ganti di prangkat parabolanya, bener ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak, klo salah satu TV kena mka yang lainpun juga ketangkep. Coba cari otomatis saja, caranya klik menu lalu pilih satelit geser ke bawah pada pencarian. Kemudian tentukan nama satelit misal agila, apstar chinasat dll, pasti bisa. istilahnya program ulang.....

      Hapus
  14. ass...
    siang bang, saya mau tanya kenapa sctv, global tv, trans7, rcti gak dapat tapi yang lain ada sya udah geser" tiangnya tapi ttep gak dapet mohon bantuannya.terima kasih

    BalasHapus
  15. Tolong bagi pembaca bila mau bertanya lewat SMS sertakan nama dan alamatnya, biar saya tahu berbagi dengan siapa, Karena no hpnya pasti tak bertuan.... Maaf

    BalasHapus
  16. Met malam pak saya Nana dari bandung, pak mohon bantuanya siaran tv saya cuma ada MNCTV sama TV ONE setelah ada angin besar ,mungkin para bolanya menggeser ,nah saya harus bagaimana pak ,apa saya harus putar parabola nya atau atau pencarian ulang ,kalo harus mutar parabola harus ke sebelah mana pak takut salah ,trimakasih banyak pak HADI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas disk parabola bergeser, tapi hanya sedikit ke arah timur, jadi mengembalikannya ke arah barat sebesar 0,5 cm di baut penyetel arah barat timur. Tapi posisi semula perlu anda tandai dengan spidol.

      Hapus