Kamis, 12 Januari 2012

CARA MENGEDIT FOTO UNTUK KTP SECARA SEDERHANA

Di zaman sekarang mengedit foto untuk membuat foto KTP tidaklah sulit. Apalagi menggunakan teknologi terkini dan alat yang canggih, namun penulis akan mencoba memaparkan cara yang sederhana mengedit foto KTP yang pilihan warna biru dan merah, tanpa sofware khusus seperti photoshop, corel atau ACDsee. Namun hanya memakai aplikasi bawaan windows yaitu "PAINT" setiap Komputer atau Laptop kalao pake windows pasti ada. Lokasinya di Accessories. OK Mari kita mulai.....
Caranya :
1. Foto objek yang akan dibuat/edit. tidak harus dengan background biru,merah atau di ruang tertutup. Tapi bisa ditempat umum dan di sembarang tempat. Foto secukupnya. minimal 1 per-objek.
2. Masukan dalam komputer/laptop anda.
3. Buka file tersebut dengan paint, caranya klik kanan pada foto itu lalu pilih "open with" pilih paint. Kalau gak ada pilih browser di bagian bawah... Kalau sudah, maka tampilan akan seperti gambar di atas.
4. Setelah terbuka pilih toolbar "poligon" lalu lihat bawahnya pilih kotak ditengah.Ini maksudnya agar setelah garis menyambung kemudian klik kanan 2 kali maka backround yang akan diganti akan hilang. Berganti warna putih atau warna yang kita kehendaki.
5. Ambil warna di paling bawah pertama merah. Lalu kursor jalankan di awal titik lengan gambar sebelah kiri sambil ditekan kiri. Sehingga membekas garis merah, terus tekan-jalankan-lepas. Begitu seterusnya sampai batas badan dengan lingkungan/background selesai, kemudian setelah sampai ke lengan sebelah kanan bawah kana dikit lalu naik ke atas- kiri lagi, turun sampai garis merah bertemu.
6. Setelah garis merah bertemu klik kanan dua kali, maka background akan hilang tergantikan dengan warna putih.
7. Ambil toolbar cat, lalu klikan pada daerah putih tersebut, seketika menjadi merah. Foto merah ini sudah jadi. Simpan sebagai (save as) beri nama ... belakangnya m=(merah).
8. Kemudian pilih toolbar edit, klik undo warna merah kembali putih berikan warna putih, lalu biru dan simpan.
8. GAMPANGKAN? Cobalah pasti anda bisa. Lumayan buat in-come. 
Bila masih bingung hubungi penulis di 085226562888 atau 08282912525

4 komentar:

  1. sangat bermanfaat sekali mas pas saya mau edit poto buat kartu pgri ... lagi bingung teringat pada blog ini dulu pernah saya baca cara edit poto untung alamat blog nya saya simpan dalam kumpulan alamat situs2 penting jadi saya buka lagi sekarang
    mudah2an ilmu ini dapatkan pahala yang banyak dari Allah SWT
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Amin2 ya robbal 'alamiin. Saya juga senang bisa berbagi.....

      Hapus
  2. kok paint saya beda ya,,gk ada tool poligon

    BalasHapus