Rabu, 18 Juli 2012

Cara Membuat Kartu Jadwal Pelajaran Lipat / Tutup

Ini cara membuat kartu jadwal pelajaran bagi anak, agar jadwal bisa dibawa kemana aja sehingga ada nilai plus bagi siswa tersebut. Karena anak tersebut tidak akan lupa jadwal pelajarannya tanpa harus membawa buku catatnnya. 
Mudah kok, bahannya aja pake kertas karton. Bisa bekas bungkus pasta gigi,bungkus-bungkus kemasan. Iya hanya kertas karton bekas bungkus. Lalu alatnya gunting,cutter dan alat tulis,penggaris, jangan lupa spidol untuk menulis jadwal.
Yo mulai buat ,.... :
  1. Buka karton bekas bungkus, menjadi lembaran. Buat ukuran 10cm x 10cm dengan pinsil atau ballpoint. (ukuran sesuaikan selera)
  2. Lalu gunting menjadi persegi.
  3. Setelah jadi karton ukuran 10 x 10 cm kemudian buat garis untuk baris dengan tinggi garis 1 cm. Hingga ada 10 garis.
  4. Kemudian sisi sebelah kanan dan kiri digaris 1cm pakai ballpoint sebagai batas.
  5. Siletlah bagian tengah garis 8 cm dari kiri ke kanan, jangan sampai melewati garis batas kanan. Begitu garis selanjutnya sehingga ke delapan garis tersilet semua. Ok Coy bisa mengikuti,... Laaaahhhh,.... lihat gambar.
  6. kalau bingkainya sudah jadi, sekarang buat karton lidah/lungsi dengan ukuran 4cm x 10 cm dua buah. lalu gunting.
  7. Masukan lidah pertama dengan cara anyam atas-bawah-atas bergantian. Lalu lidah/lungsi yang kedua masukan lawannnya, kalau yang sebelah kiri atas, maka sebelah kanan bawah. begituseterusnya.
  8. Rapikan, Siap ditulisi jadwal dengan spidol. Muka yang didapat ada 8 meski hanya ada 2 bilah yang tadi dimasukan. Muka 1 untuk waktu, lalu jangan langsung ke samping, tapi lipat ke bawah dan tengah di buka, maka ada 2 muka lagi di bagian atas. Jadi ada 4 muka di atas dan 4 muka di bawah. Cukup untuk menulis jadwal dan waktunya.
  9. GAMPANGKAN,........ ? Masih bingung silahkan komen di sini,.... ini karya asli buatan Hadi Siswoyo Purbalingga asal Tegal, SMS atau telpon di no atas kiri blog ini,.. OK!
 

3 komentar:

  1. Inspiratif.. Terimakasih, Pak atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sama2. Silahkan cari artikel suatu cara di blog ini. Thanks

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus