Selasa, 18 Desember 2012

Cara Pengisian Aplikasi Pendataan Sekolah Tahun 2012 Secara DETIL

Kali ini saya akan mengulangi lagi Cara Mengisi Aplikasi Pendataan Pendidikan/Sekolah tahun 2012. namun saya mencoba secara DETIL.
1. Pertama : Pilih jenis aplikasi versi v1.0.12.06 buatan bulan Juni 2012, jangan gunakan versi terakhir, atau versi sebelumnya. Mau tahu sebabnya : kalau versi sebelumnya yang di buat thn 2011 itu masih gampang error, kata Pak Kamto dan Mas Andri staf bagian Arsip Dinas Pendidikan Purbalingga. Lah kalau versi terakhir itu lebih lengkap tapi bila tanggal lahir anak belum dituliskan maka di validasi akan muncul data invalid dan tidak bisa di kirim ke server. Lalu ada peringatan sebagai berikut ,... data a/n .... ada kesalahan .... artinya akan lama untuk menginput karena harus masuk ke rincian data anak satu persatu.
2. Instal Aplikasi tersebut ke dalam PC atau Laptop atau Netbook Anda selaku operator sekolah. Setelah terinstal Restart dulu komputer anda agar dapat teradaptasi. Kegiatan ini dibiayai minimal persiswa Rp 1.000,- dan guru Rp 2.000,- 
3. Jalankan aplikasi pendataan pendidikan 2012 pada dekstopnya.
Isi data nama pengguna dengan nama sekolah tempat anda mengajar. Lalu masukan e-mail dan pasword untuk membuka aplikasi ini, dan terakhir masukan kode registrasi dan kemdikbud. Isian data pertama selesai, berikutnya hanya mengisi username/email dan bawahnya paswordnya.
Perhatikan bagian-bagiannnya
4. Bila sudah login, maka tampilan seperti gambar di atas, klik pada bagian pertama pada Sekolah, kemudian isi data sekolah selengkap-lengkapnya, Data sekolah terakhir adalah Yayasan. sebelum itu jangan dahulu ke halaman lainnya. Kalau sudah ke no 5 dibawah ini. 
5. Masuk pada kolom Peserta Didik : isi peserta didik dengan import dari file exel yang telah di mutasi ke CSV MS-DOS  namun sebelumnya kop exel tersebut dibuat dengan export dari data siswa sehingga kolom-kolomnya sesuai dan tinggal memasukan dengan copy dari data siswa di exel. Maka seluruh siswa sudah masuk ke halaman Peserta didik. Namun untuk NISN akan berubah karena angka nol di depan akan hilang. Tapi jangan khawatir buang saja NISN-nya di exel agar data cepat diterima.  Kalau cara sesuai anjuran adalah dengan mengin-put siswa satu persatu dengan mengklik "Tambah Siswa" lalu kolom terbuka, untuk menggeser ke samping tekan tombol "tab" OK Gampangkan !,... 
6. Berikutnya masuk ke kolom PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) isi selengkapnya, caranya biar mudah suruh guru masing masing mengisinya, karena yang tahu persis data kan mestinya guru itu sendiri, anda selaku operator membukakan formulirnya. Cara sesuai anjuran adalah mengin-put satu persatu guru dengan mengklik tombol "Tambah PTK"Atau import seperti peserta didik. Namun sebenarnya halaman PTK ini sebenarnya sudah terisi, hanya guru yang terdaftar adalah versi tahun 2006/2007an jadi perlu ada yang dihapus dan diubah datanya. Bagi guru yang sudah tidak ada di sekolah saudara hapuslah guru itu, bagi yang belum terdaftar tambah PTK atau menggantikan tempat dari guru yang telah mutasi. Ingat Status guru "HARUS AKTIF" kalau tidak, maka nama guru itu tidak akan terdaftar di Rombongan Belajar. OK lihat gambar di atas.  Gampangkan !,...
7. Selanjutnya kita mau masuk ke Rombongan Belajar, halaman yang dibuka adalah halaman "SEKOLAH" ya kita kembali ke halaman itu. Kita telah memasukan Identitas Sekolah pada langkah ke 4. Tapi perhatikan bagian atas pada aplikasi itu. (lihat gambarnya) Klik pada "Tampilan Data Rincian Sekolah"  letaknya di bawah tulisan "Edit Profil Sekolah" bergambar pensil. Klik disitu lalu akan muncul kotak baru berisi lima kolom : kolom Prasarana, Sarana, Rombongan Belajar, Bloggran dan Yayasan. Buka kolom Prasarana lalu klik tombol tambah sarana dengan kode R1 untuk kelas I, R2 untuk kelas II dst. lalu R7 untuk kantor sampai semua ruang telah ditulis. Ingat ruang-ruang ini nantinya akan dipakai untuk letak pada sarana-sarana seperti meja, kursi, buku, komputer dll. jadi harus lengkap. LALU SIMPAN DAHULU,... lihat gambar di bawah ini
Jangan menuju kolom sarana tetapi laptop di online-kan dahulu, Hal ini untuk menyimpan prasarana yang anda ketikan nanti. Tujuannya agar nama-nama prasarana seperti kelas I s/d Kelas 9 masuk di halaman Sarana pada kolom di "LETAKKAN" Kalau dikolom ini sudah muncul Prasarana ruang kelas 1 s/d lainnya, maka kita bisa menuju halaman Sarana OK,...
8. Lalu masuk pada kolom sarana klik tombol tambah sarana, pilih jenis sarananya seperti meja, kursi dll. Untuk letaknya jangan menulis/mengetik tetapi memilih, dan prasarana yang dipilih adalah hasil ketikan anda sendiri di halaman prasarana. Kalau belum muncul ruang kelas yang dimaksud maka onlinekan dahulu laptop/komputer anda, kemudian simpan. Tunggu beberapa saat. Tapi bila sudah muncul maka anda tinggal memasukan sarana meja->jumlahnya berapa-> letaknya di kelas I (misalnya sampai kelas VI atau IX) OK, Nah lihat gambar di bawah ini
9. Kemudian masuk ke kolom tiga yaitu Rombongan Belajar, Buat rombongan belajar/ kelas yang dimaksud dari kelas 1 s/d 9 isikan guru wali kelasnya. Nah di sini ada kombinasi dari 3 halaman, yang dirasa membingungkan. Pertama Halaman Rombongan Belajar yang ke2 halaman Peserta Didik/PTK Terdaftar (bagian bawah) dan 3 halaman Peserta Didik/PTK di bagian kanan bawah. Lihat gambar di bawah ini:
Teknik drag disini kita gunakan. Caranya : Klik salah satu rombongan belajar (misal kelas I) hingga warna biru pada Rombongan Belajar itu, lalu lihat bagian kanan, siswa dan guru yang berada di kelas I diambilkan di Peserta Didik/PTK blok lalu diseret ke bawah pada halaman Peserta didik dan PTK terdaftar. Kemudian klik kelas II lalu guru dan murid yang ada di halaman Peserta Didik/PTK diblok lalu seret ke halaman Peserta didik dan PTK terdaftar, begitu juga seterusnya, sampai selesai kelas sekolah anda. Kalau sudah tampilan rincian sekolah kita tutup, dan disimpan. (INGAT DI SINI DRAG DAN SERET DIGUNAKAN)
Kembali ke halaman sekolah dan klik simpan,.... data tersimpan di hard-drive komputer anda. Cek validasi di tampilan informasi dan perhatikan peringatannya. Yang berwarna kuning adalah perhatian, yang berwarna merah adalah data salah/ invalid. hitung yang invalid., catat dan benarkan pada ubah rincian. Lalu cek kembali kalau sudah benar maka setelah klik validasi akan muncul tulisan "invalid : 0 record" itu artinya Data sudah bisa dikirim,.. OK ? kalau masih bingung bisa hubungi admin di 082892800488 (kantor) dan 085226562888.
Gampangkan !,..

17 komentar:

  1. MASS SAYA MAU TANYA..
    SAYA OPERATOR SDN SUMBERJAYA 05... SISWA SD SAYA ADA 2.000 (DUA RIBU)
    SAYA PERNAH MENG EXPOR SISWA YANG SUDAH TERINPUT... SEKISAR 500 KEBAWAH... ITU BISA DILAKUKAN... TETAPI SEKISAR 900 KE ATAS ITU SUDAH TIDAK BISA DILAKUKAN...
    FILE TERSEBUT MEMANG TERDOWNLOAD... TETAPI TIDAK BISA DIBUKA...

    PERMASALAHNNYA... SAYA MOHON BANTUAN... GIMANA CARANYA SISWA DI ATAS 1000 ITU BISA DIBUKA DALAM EXPOR


    TERIMA KASIH..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba export-nya lewat ini http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/ atau klik LINK samping ini no 6,... itu tuh.... di bawah "klik di bawah ini untuk .... no 6 untuk mengetahui PTK, Sarana dan Peserta Didik. Lalu eksport... Bisakan...

      Hapus
    2. Di copy aja kan mudah... Siswanya banyak amat..? Sekolah unggulan yah... Atau cara biasa, tapi file lama dipindahkan atau ganti nama.

      Hapus
  2. sekolah saya memang sekolah unggul/inti

    Kalau lewat situ memang bisa.. tapi tidak selengkap yang di aplikasi...

    sedangkan untuk menginput nilai sekarang mesti lengkap..

    nah.. masalahnya sekolah imbas saya sedang menunggu keputusan dari saya bagaimana mengexpor biar berhasil...



    BalasHapus
  3. kalau import itu diatas 2000 bisa... tetapi export nya ini yang ga bisa... bisa masuk ga bisa keluar...

    dengan cara merubah nama file atau tipe file sudah saya lakukan.. tapi hasilnya nihil..

    memakai sofware refair juga tetap ga bisa

    cara no 6 saya cari yang mana link nya... ga ada.. kasih di post sini aja mas link nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klik no 6, web hasil up-load pendataan pendidikan 2012. Pakai username sama dengan masuk aplikasi, pasword juga sama, lalu tunggu sebentar kurang lebih 5 menit. Klo sudah terbuka klik daftar SDnya lalu klik peserta didik, maka akan tampil seluruh data hasil up-load SD sodara.

      Hapus
  4. oohhh iya itumah sudah dilakukan.. cuma kurang Tempat lahir dan Orang tua.. kalau sampe 2000 lumayan...

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Importnya sudah tersimpan apa belum, cek halamannya. Kalo sudah sampai 2000, berarti data sudah benar2 masuk di aplikasi.... Kalo sudah masuk tentunya bisa di export. Kalo tidak bisa di export, berarti data belum tersimpan di aplikasi.

      Cara Lain lewat BIOS SYSTEM ONLINE, di no 5. Tapi bagi yang sudah in-put, bagi yang belum ya tentunya tidak ada datanya. SD Sodara sudah In-Put data Peserta didik dari kls I s/d VI...?

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Pertanyaan lewat SMS dari 081346510xxx : Mat mlm pak Hadi sy tax sy sudah upload ulg it data yg sudah diperbaiki da hmpr 3 mg tp smp sekrg di data dapodik ms data lama yg bx salahnya., solusix apa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betukan lagi datanya dan kirim lagi. Selalu up-date.

      Hapus
  8. pak.maaf tanya dari yang paling dasar, untuk d'load aplikasinya username ambil dari password operator sekolah kan..tapi kok di password gak bisa masuk,,ya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Eko, username aplikasi adalah e-mail sekolah waktu mengisi awal buka, paswordnya pasword buatan anda sendiri/ paswor email sekolah. Aplikasi bisa download dan patch-nya (isi data kabupaten bisa di cari di sini) di kiri atas......

      Hapus
  9. selamat siang, bapak untuk bisa install aplikasi versi v1.0.12.06 buatan bulan Juni 2012, dapatnya darimana ya, trus ketika login ada username dan password itu juga darimana?. terima kasih. PPT Cempaka Putih.

    BalasHapus