Minggu, 18 Mei 2014

Cara Menyambung Kabel Untuk 2 Saklar 1 Stopkontak

Memasang listrik sendiri memang sudah jamannya, jangan sedikit-dikit nyuruh teknisi bikin beberapa titik paralel lampu dll. Kalau bingung baca di blog ini tentang cara memasang instalasi/rangkaian listrik di rumah. Mudah kok, begini nih 'Cara Menyambung Kabel Untuk 2 Saklar 1 Stopkontak'
  1. Siapkan 1 saklar bobok isi 2 dan stopkontak masing-masing 1 buah.
  2. Ambil kabel ukuran 2,5mm engkol / jalur 3 warna sebagai jalur utama, sesuai ketentuan :  kabel hitam untuk nol atau negatif, kabel merah untuk arus dan kabel kuning untuk ground. ditambah 2 kabel out dari saklar dengan warna merah dan biru (awas ini kabel kecil, bedakan), besarnya kabel ini lebih kecil yaitu 1.5mm. Jadi dalam 1 paralon isi 5 kabel, tapi bila tidak ada ground berarti cukup 4 kabel.
  3. Masukan kedalam lubang paralon, dorong hingga nyampe bagian atas.Lalu potong kurang lebih 7-10 cm untuk mengaitkan / menyambung dengan kabel lain.
  4. Tentukan lubang saklar terdekat dengan pintu, setelah itu baru lubang untuk stopkontak. Usahakan jangan terlalu dekat kira-kira 15cm jarak tepi lubang, biar aman.
  5. Pasang dahulu saklar, pertama kabel merah besar ke no A1, dan buat kabel merah besar sepanjang 20 cm kelupas isolator ujungnya masukan ke no B2 ( kabel merah pendek ini nantinya bersama kabel hitam besar masuk ke tempat stopkontak). Awas jangan salah memasukan ke no C1,C2 atau D1 dan D2 ( karena lubang C dan D hanya untuk out put saklar)
  6. Hubungkan kebel merah kecil dan biru kecil ke salah satu celah C dan D ingat sebelah kanan kirinya (misal biru sebelah kiri, merah kanan). Nantinya bila lampu yang sebelah kiri berarti dibagian atas hubungkan dengan kabel biru dst.
  7. Kendorkan baut saklar, kemudian dorong saklar ke lubang duz dan putar bautnya sampai erat. 
  8. Ambil stopkontak dan kabel lanjutan dari lubang samping saklar di tarik dahulu, lalu pasangkan pada baut stopkontak, tentukan merah sebelah kanan.
  9. Kendorkan baut stopkontak, kemudian dorong stopkontak ke lubang duz dan putar bautnya sampai erat.
  10. Selesai sudah tinggal mengubungkan bagian atas :
  • Kabel hitam besar hubungkan dengan kabel hitam dari jalur utama, di pulir dengan tank hingga menjadi pilinan kuat lalu rapikan dengan di potong pakai tank terus beri isolasi.
  • Kabel Merah besar hubungkan dengan kabel Merah dari jalur utama, di pulir dengan tank hingga menjadi pilinan kuat lalu rapikan dengan di potong pakai tank terus beri isolasi.
  • Kabel biru hubungkan sebagai kabel arus menuju lampu bersama kabel hitam kecil sebagai negatifnya.
  • Kabel merah kecil disambung ke lampu kanan dengan kabel hitam kecil sebagai negatinya. 
  • Ingat semua kabel hitam dihubungkan. Rapikan dan tutup dengan penutup T Dus. Lampu dan stopkontak siap di pakai.
OK Gampangkan..... Silahkan dicoba..... atau hubungi admin di 085226562888
By Hadi S 17 Mei 2014

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar